qasralyukhoot.com

Kehilangan info

Kondisi Kali Sentiong atau Kali Item kembali mengakibatkan persoalan yang tentu jadi materi perhatian Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Setelah mengakibatkan amis yang menjadi sentra perhatian sebab bersahabat dengan wisma atlet untuk Asian Games 2018 lalu, sekarang Kali Item mengeluarkan busa.

Anies menyampaikan penyebab Kali Item berbusa karena banyak limbah rumah tangga yang berasal dari detergen yang dibuang ke kali. Solusi semoga Kali Item tidak terkontaminasi limbah ialah dengan mengendalikan penggunaan detergen keras yang kerap dipakai warga Jakarta. Dengan terjadinya hal ini ia mengakui akan menemui Menteri Perindustrian dan Menteri Perdagangan terkait pengetatan detergen.

Ketika air dari Danau Sunter itu d pompa dan dimasukkan ke Kali Item, maka limbah sisa detergen menyerupai diaduk dan keluar buih (busa) yang amat banyak. Dan itu memang airnya mengandung kadar detergen yang sangat tinggi,” kata Anies dilansir dari Republika.

Pengelolaan yang dilakukan oelh Pemprov DKI Jakarta hanya pengendalian di potongan hilir saja. Upaya sang Gubernur pun semoga limbah detergen tidak mencemari lingkungan.

“Saya akan mengatur untuk dapat bicara dengan menteri perindustrian dan menteri perdagangan semoga ada regulasi yang lebih baik yang menyangkut detergen di Indonesia,” ungkap Anies.

Sebelunya busa tebal berwarna putih tiba-tiba muncul dan memenuhi Kali Item yang ada di sebelah Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat pun memantik rasa ingin tau warga.