qasralyukhoot.com

Kehilangan info

Membeli mobil di zaman sekarang hampir menjadi keinginan semua orang. Namun karena harganya yang relatif lebih mahal, membuat beberapa orang akhirnya mengurungkan untuk memiliki jenis kendaraan roda empat ini. Namun sebenarnya meskipun memiliki budget terbatas Anda tetap bisa memiliki kendaraan jenis ini, salah satunya dengan membeli mobil second atau bekas. Banyak sekali dealer hingga situs online yang menawarkan jual beli mobil bekas  berkualitas. Namun tentunya mengingat produk yang ditawarkan merupakan setengah pakai atau sudah pernah digunakan oleh pemilik sebelumnya, perlu ketelitian dalam membeli mobil bekas agar mendapatkan yang benar-benar terbaik.

Bagi beberapa orang berpendapat membeli mobil bekas jauh lebih menguntungkan dibandingkan dengan membeli yang baru. Salah satu alasannya karena bisa mendapatkan model yang lebih bagus dengan harga lebih terjangkau. Namun saat memutuskan untuk membeli mobil bekas, penting untuk selalu cermat dalam pemilihannya. Karena tidak sedikit penjual mobil bekas yang mengambil keuntungan dengan berbagai cara atau mensiasati mobil yang mereka jual agar harga jualnya lebih tinggi.

Bagi Anda yang baru awam dalam hal beli mobil bekas, sebaiknya hal ini perlu menjadi perhatian agar Anda tidak tertipu dan mengakibatkan mendapatkan barang yang tidak sesuai. Dan akan lebih baik jika Anda mengajak teman yang lebih berpengalaman atau mengetahui tentang seluk beluk mobil. Agar tidak salah langkah, berikut ini ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat membeli mobil bekas, yaitu:

1. Waspadai mobil bekas tabrakan atau banjir.

Mobil bekas memang umumnya akan berharga jauh lebih rendah dibandingkan dengan membeli mobil baru. Namun sebaiknya Anda perlu berhati-hati jika menemukan mobil bekas yang dijual dengan harga yang sangat murah, bahkan dari harga pasaran yang sesungguhnya. Pasalnya ada beberapa alasan kenapa harga yang diberikan bisa semurah itu. Salah satunya bisa karena merupakan mobil rekondisi, dimana dijual karena bekas tabrakan atau rusak akibat digunakan untuk menerobos banjir.

2. Periksa bagian kelistrikan.

Berbeda dengan mobil baru yang bebas dari masalah kelistrikan, pada mobil bekas ada yang berpotensi mengalami masalah pada bagian ini. Pada mobil bekas biasanya masalah kelistrikan ini dikarenakan ada hewan yang masuk ke dalam ruang mesin. Atau bisa juga karena mobil dilakukan modifikasi oleh pemilik sebelumnya, sehingga mengalami kerusakan pada bagian kelistrikan. Untuk itu, periksa terlebih dahulu bagian kelistrikan saat membeli mobil bekas.

3. Periksa bagian mesin.

Mesin yang berkondisi bagus tentunya akan memberikan performa yang baik saat digunakan berkendara. Saat membeli mobil bekas, kondisi mesin ini harus menjadi salah satu perhatian utama. Karena tidak sedikit penjual nakal yang memodifikasi bagian mesin mobil agar terlihat memiliki performa baik. Untuk mengecek kondisi mesin mobil bekas yang akan dibeli, caranya dengan membuka kap mesin dan memeriksa apakah terdapat kebocoran atau korosi. Periksa bagian olinya juga dengan cara mencabut tongkat pengukur dan lihat kepekatan warnanya. Selanjutnya periksa juga bagian belt serta accu untuk memastikan bagian kelistrikan dalam kondisi baik.

4. Perhatikan kelengkapan surat-surat.

Saat beli mobil bekas, selain memperhatikan kondisi mobil yang baik juga perlu memperhatikan kelengkapan surat-surat. Kelengkapan standar yang harus ada saat membeli mobil bekas, yaitu BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) dan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan). Kedua surat ini merupakan bukti identifikasi kendaraan bermotor, sekaligus juga sebagai kelengkapan kendaraan. Karena di dalam surat ini mencatat identitas pemilik, identitas kendaraan bermotor, nomor registrasi, serta masa berlaku dan pengesahannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *